Rabu, 10 September 2014

Arsitek Terkenal Dunia

   Mungkin beberapa dari anda sudah mengunjungi bangunan-bangunan atau property megah yang ada di dunia, tapi pernahkah anda berfikir atau mengetahui siapa yang merancang bangunan-bangunan tersebut? Berikut info mengenai arsitek-arsitek terkenal di dunia


1. SANTIAGO CALATRAVA



Santiago Calavatra adalah seorang arsitek terkenal dunia, insinyur, dan pematung. Santiago Calavatra sudah sangat terkenal bahkan namanya sudah sangat familiar di dunia arsitektur Eropa dengan beberapa hasil karyanya yang memiliki nilai estetika unik. Namanya mulai terkenal di Milwaukee Art Museum, Calavatra juga merancang sejumlah bangunan publik dan beberapa jembatan di USA. Calavatra memiliki latar belakang pendidikan sebagai Engineer dan Arsitek, banyak dari karyanya mengambil ide seperti beton, kaca, dan baja dengan desain yang unik dan tidak biasa.

Salah satu karya Santiago Calavatra







 2. ZAHA HADID


Zaha  Hadid salah satu arsitek perempuan kelahiran Iraq. Karyanya digambarkan sebagai supremasi ultra modern dan utopis. Gaya desain rancangannya lebih banyak terpengaruh oleh pra-stalin konstruktivisme Soviet. Zaha memperoleh ketenarannya melalui desainnya untuk The Country Club Peak Hong Kong pada tahun 1983. Zaha pernah dikenal sebagai arsitek yang karyanya terlalu ambisius untuk dibangun, namun sekarang dia banyak dicari untuk mendesain karya-karya besar lainnya. Beberapa karya Zaha Hadid yang terkenal adalah Lois Rosentha I Centre for Contemporary Art Ohio, pabrik BMW di Leipzig di Jerman, dan Pusat untuk Contemporary Arts di Roma.

Salah satu karya Zaha Hadid



3. KENZO TANGE



Arsitek terkenal dari Jepang ini lahir di kota kecil Imabari Jepang Selatan pada tanggal 4 September 1913. Dia mulai belajar bidang arsitektur pada tahun 1935 di Departemen of Architecture at The University of Tokyo. Tange pun akhirnya mulai menarik perhatian dunia setelah hasil studinya mendapat penghargaan dari Tatsuno Prize. Tange juga memenangkan sayembara untuk mengabadikan momen pengeboman kota Hiroshima setelah perang dunia ke II yang dinamakan "a piece center in Hiroshima". Setelah itupun Tange mulai mendirikan kantor konsultan pribadimya, konsep desainnya sendiri menggabungkan gaya modern dengan bentukan arsitektur tradisional Jepang. Namun seiring berkembangnya zaman, pada akhir '60-an Tange menolak konsep regionalisme dan mulai berubah ke arah konsep Internasional.

Salah satu karya Kenzo Tange


4. FRANK OWEN GEHRY



Lahir di Toronto, Kanada pada tahun 1929, Frank Gehry sempat bekerja untuk Wdton Becket & Associates (1957-1968) dan Victor Gruen (1968-1961) di Los Angeles, dan untuk  Andre Remodent pada tahun (1961) di Paris. Frank kemudian mendirikan perusahaannya sendiri yang bernama Frank O. Gehry and Associates di tahun 1967. Puncak karir Frank O. Gehry adalah di tahun 1989 ketika dirinya mendapat penghargaan Pritzker. Proyeknya yang paling terkenal adalah Guggenheim Museum di Bilbao, Spanyol yang kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1997.

Museum Guggengheim karya Frank O. Gehry




1 komentar:

  1. salam hangat dari kami ijin informasinya dari kami pengrajin jaket kulit

    BalasHapus